Mahasiswa UGM KKN di Kampar, Pj Bupati Harapkan Mahasiswa  Bantu Pemda Kembangkan Potensi Daerah

Bangkinang Kota –bappeda.kamparkab.go.id

Sebanyak 30 orang Mahasiswa Universitas Gadjamada (UGM) melakukan Pengabdiannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kampar tepatnya di dua Desa, yakni desa Kumantan dan Desa Ridan Permai. Mahasiswa Universitas Gadja Mada melakuikan  kegiatan dan pengabdian ditengah masyarakat selama 50 hari.

Kedatangan para mahasiswa ini disambut dan dilepas  untuk kegiatan pengabdian  oleh Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM, bertempat diaula kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Senin (27/6/2022). Acara  penyambutan ini ditandai pengalungan secara simbolis tanda peserta KKN oleh Pj Bupati Kampar kepada perwakilan mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar dipasangkan rompi Kebesaran Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) oleh Ketua Kagama Riau Drh. H. Chaidir, MM.

Turut hadir Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, M.Si, Kepala Dinas PMD Lukmansyah Badoe, Camat Bangkinang Kota Minda, Kades Kumantan Masri Dalmi, Kades Ridan Permai Kamarudin, Dosen Pembimbing KKN UGM Ir. Fadli Kasim, Ketua Kagama sekaligus tokoh masyarakat  Provinsi Riau Drh. H. Chaidir, Ketua BPS Kampar Guswandi dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Kampar Dr. Kamsol, MM dalam arahannya menyampaikan bahwa Kabupaten Kampar butuh talenta-talenta muda yang penuh inovasi dan kreatifitas untuk membantu pemerintah daerah mengembangkan potensinya. “Kami berharap berikan ide, pemikiran membangun untuk kemajuan pembangunan dan kemasyarakatan Kabupaten Kampar”, kata Kamsol.

Disampaikan Kamsol bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan adalah membantu desa dalam pemetaan partisipatif. Pemetaan partisipatif merupakan pemetaan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat mengenai tempat ataupun wilayah dimana mereka hidup dan berada, sebab yang melakukannya masyarakat yang memang memiliki pengetahuan mendalam mengenai wilayahnya, maka tentu saja pemetaan partisipatif diharapkan berakurasi tinggi.

“Peran mahasiswa UGM akan terlibat aktif dalam pemetaan partisipatif yang dimaksud. Perlu diketahui bahwa hasil dari pemetaan partisiptif tersebut nantinya akan menjadi bagian dari data Geospasial Kabupaten Kampar.” Ungkap Kamsol.

Menurut Kamsol Data Geospasial ini diinformasikan bahwa bekerja sama dengan badan informasi Geospasial (BIG). Aplikasi dalam bentuk Portal Online sebagai fasilitas penghubung simpul jaringan informasi Geospasial daerah (JIDG).

Pj Bupati Kampar berpesan saudara mahasiswa KKN UGM yang melaksanakan kuliah kerja nyata di kecamatan Bangkinang Kota, agar dalam melaksanakan Pemetaan Partisipatif ini dapat melakukan secara akurat, sehingga informasi data yang dihimpun baik primer maupun sekunder dapat dipertanggung jawabkan.

Sementara  itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, M.Si  dalam laporannya menyampaikan bahwa  kegiatan KKN  Mahasiswa UGM ini merupakan  bagian  kerjasama Pemerintah  Daerah Kampar dalam hal ini Bappeda Kabupaten Kampar dengan UGM  untuk pemetaan partisipatif  di dua desa  Desa Ridan Permai dan Desa Kumantan. Jumlah  mahasiswa  yang ikut dalam kegiatan sebanyak  30 orang dengan  waktu kegiatan selama 50 hari, mulai 25 Juni 2022 hingga 13 Agustus 2022 mendatang.

Sementara itu pembimbing KKN Fadli Kasim Universitas Gadjah Mada rutin setiap tahun mengadakan program KKN. KKN UGM bertujuan untuk menciptakan kegiatan yang mampu mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. “Mahasiswa yang berjumlah 30 peserta ini akan mengabdikan diri di dua desa untuk  membantu masyarakat desa mengembangkan diri pada masing-masing potensinya”, ujar Fadli . (Herman Jhoni bappeda kampar).