Bappeda Kampar Gelar Musrenbang Kabupaten Kampar Tahun 2022

BANGKINANG KOTA-bappeda.kamparkab.go.id
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar Tahun 2022 untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, yang digelar di Balai Bupati Kampar, Senin (21/3/2022).

Musrenbang ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH, MH. Pelaksanaan Musrenbang ini dilaksanakan secara offline dan online.

Peserta yang hadir diantaranya, dari Bappenas RI, Kementerian Dalam Negeri RI, Bappeda Propinsi Riau, Anggota DPRD Propinsi Riau Daerah Pemilihan Kabupaten Kampar, Ketua DPRD Kabupaten Kampar M. Faisal dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kampar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar, Perguruan Tinggi, Perangkat Daerah Kabupaten Kampar, BUMN dan Perusahaan Besar Swasta, Para Camat se-Kabupaten Kampar, Pemuka Agama, Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat Kabupaten Kampar, Asosiasi yang berada di Kabupaten Kampar, Organisasi Kemasyarakatan yang berada di Kabupaten Kampar dan tamu undangan lainnya.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH, MH pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa RKPD Kabupaten Kampar yang disusun saat ini merupakan dokumen perencanaan daerah tahun 2023, yang didasari oleh Arah Kebijakan Pembangunan Daerah pada Dokumen RPJPD Kabupaten Kampar Tahun 2005-2025 dengan memperhatikan Prioritas Pembangunan Nasional dan Prioritas Pembangunan Propinsi Riau.

Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2023 adalah wadah musyawarah yang melibatkan seluruh stakeholder Kabupaten Kampar untuk merumuskan lebih lanjut rancangan RKPD berdasarkan Usulan Musrenbang Kecamatan, Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Kampar, Rancangan Renja Perangkat Daerah dan hasil Forum Gabungan Perangkat Daerah.

Hasil akhir tahapan perencanaan ini adalah dokumen RKPD tahun 2023 yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati Kampar dan akan menjadi acuan dalam pelaksanaan verifikasi Renja Perangkat Daerah. “Dengan demikian seluruh Renja Perangkat Daerah harus mengacu kepada program prioritas yang tertuang dalam Dokumen RKPD Tahun 2023,” ujar Bupati..

Dalam Rancangan Awal RKPD Tahun 2023, tema pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2023 adalah “Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan untuk Mempercepat Peningkatan Kualitas Kehidupan Sosial Masyarakat, Penguatan Struktur Perekonomian dan Daya Saing Daerah dalam Kondisi Kehidupan Normal yang Baru”.

Kepada seluruh Perangkat Daerah Bupati mengingatkan agar dalam menyusun Program dan Kegiatan mempedomani Tema Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2023 serta Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar yang telah disusun baik pada dokumen RPJPD maupun Renstra masing-masing Perangkat Daerah.

Pada kesempatan tersebut bupati menyampaikan kemajuan pembangunan antara lain, Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan, Bidang Komunikasi dan Informasi, Bidang Keuangan, Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Bidang Perumahan dan Permukiman, Bidang Pariwisata, Bidang Keagamaan, Bidang Kebudayaan dan bidang lainnya.

Bupati juga berpesan agar forum strategis ini dimanfaatkan secara maksimal, serta menjadi ruang diskusi konstruktif dalam melahirkan berbagai gagasan solutif untuk menjawab berbagai isu strategis pembangunan.

Hasil pelaksanaan Musrenbang RKPD ini sangat berkaitan erat dengan R-APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2023. “Untuk itu diminta kepada pejabat yang terkait dalam penyusunan dokumen perencanaan, agar tetap konsisten dengan apa yang telah disepakati sehingga APBD Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2023, dapat disusun dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur, mekanisme peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Bupati.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah, S.STP, MSi selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk Menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Kampar dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah Provinsi Riau. Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten pada musrenbang kecamatan. Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas kabupaten. Menyepakati program dan kegiatan prioritas daerah.

Hasil dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2022 ini adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan RKPD tahun 2023 yang meliputi, Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2022, Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah.

Pada kesempatan itu secara bergiliran para narasumber menyampaikan materi yakni, Andri Mardiah (Koordinator wilayah I Bappenas RI) yang menyampaikan materi tentang Arah Kebijakan Pengembangan Kabupaten Kampar.

Direktur Perencanaan, Evaluasi dan informasi pembangunan daerah Kemendagri Drs. Nyoto Suwignyo, MM yang diwakili Kasub Direktorat Perencanaan dan Evaluasi Wilayah I Bagus Agung Herbowo menyampaikan materi tentang Singkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah.

Selanjutnya Rahmad Rahim (Fungsional Perencana Ahli Utama) mewakili Kepala Bappeda Provinsi Riau, dan Ketua DPRD Kabupaten Kampar M. Faisal, ST menyampaikan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Kampar.

Pada sesi diskusi banyak masukan yang disampaikan peserta diantaranya, oleh Eva Yuliana (Anggota DPRD Provinsi Riau) Agus Candra SIP dan M. Kasru Syam (Keduanya Anggita DPRD Kabupaten Kampar).

Rangkaian kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2022 ini di akhiri dengan penandatanganan berita acara Musrenbang. Penandatangan berita acara ini dilakukan oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, dan yang mewakili peserta forum Eva Yuliana (Anggota DPRD Riau), M. Faisal, (Ketua DPRD Kampar), M.Yasir (Kadis Dikpora Kampar, Zulia Dharma (Kadis Pariwisata dan Kebudayaan) dan Sofialdi (Camat Tapung). (Herman Jhoni)