Sekda Kampar Yusri menandatangani Berita Acara Hasil Musrenbang

Pemkab Kampar Gelar Musrenbang Secara Online, Pertama di Indonesia

BANGKINANG-bappeda.kamparkab.go.id

Pemerintah Kabupaten Kampar melaksanakan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kampar tahun 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kampar tahun 2021, secara  Online dan Physical Distancing dengan menggunakan Video Conference, di aula rumah dinas Bupati Kampar, Selasa (31/3/2020).

Pelaksanaan Musrenbang secara Online ini adalah yang pertama  di Riau  bahkan di Indonesia. Hal ini dilakukan  karena  dalam suasana pendemi covid 19.

Musrenbang  ini dibuka  secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Drs. Yusri, MSi mewakili Bupati Kampar  H. Catur Sugeng Susanto, SH. Hadir pada kesempatan tersebut,  anggota DPR RI H. Syahrul Aidi, Lc, MA,  Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, SAg, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. H.Azwan, MSi beserta pejabat dilingkup Bappeda Kampar, Asisten II  dan Asisten III Setdakab Kampar serta staf ahli Bupati Kampar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri membuka acara Musrenbang

Sedangkan peserta  musrenbang lainnya mengikuti secara  online di tempat mereka masing-masing baik di kantor, di rumah atau dimanapun mereka berada. Bahkan  Anggota DPD-RI Edwin Pratama Putra  mengikuti rangkaian kegiatan musrenbang secara online ini saat berada di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Peserta  musrenbang ini diantaranya  Anggota DPR-RI, Anggota DPD RI, Bappeda Propinsi Riau, Anggota DPRD Propinsi Riau Daerah Pemilihan Kabupaten Kampar, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kampar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar, Perguruan Tinggi, Perangkat Daerah Kabupaten Kampar, BUMN dan Perusahaan Besar Swasta, Para Camat se-Kabupaten Kampar, Delegasi Kecamatan, Pemuka Agama, Pemuka Adat dan Pemuka Masyarakat Kabupaten Kampar, Asosiasi yang berada di Kabupaten Kampar, Organisasi Kemasyarakatan yang berada di Kabupaten Kampar.

Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Kampar secara online, pertama di Indonesia ini diakui oleh Andi  Tuti selaku narasumber dari Bappeda Provinsi Riau. “Ini yang pertama di Riau bahkan di Indonesia, dan ini sesuai  dengan protokol kesehatan ditengah berjangkitnya covid 19,” ujar Andi dan mengharap pelaksanaan ini   bisa menjadi contoh bagi daerah lain ditengah bencana covid 19.

Kepala Bappeda Kampar Azwan saat menjadi moderator diskusi musrenbang

Bupati Kampar yang  diwakili Sekda Kabupaten Kampar Yusri saat membuka musrebang tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangkaian acara Musrenbang Kabupaten Kampar ini walaupun dalam suasana Pandemi Covid-19, dilaksanakan dengan cara Physical Distancing dan Online menggunakan Video Conference. “Tentunya kita berharap pada acara Musrenbang ini, mampu menghadirkan proses perencanaan pembangunan yang efisien, efektif, partisipatif, dan akuntabel, sehingga bermuara pada tercapainya dokumen perencanaan yang semakin berkualitas,”  harap Bupati.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan selaku Ketua Panitia  dalam laporannya menyampaikan bahwa Musrenbang Kabupaten Kampar Secara Online Tahun 2020 guna Penyusunan RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021, mengangkat dengan tema : “Memacu Investasi Dan Sinergitas Antara Sektor Serta Dunia Usaha Dalam Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Keluaran dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Secara Online Tahun 2020 adalah kesepakatan tentang arah dan kebijakan pembangunan yang menjadi masukan utama untuk memutakhirkan Rancangan RKPD tahun 2021, yang meliputi.  Rencana Program dan kegiatan prioritas daerah, Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2020.

Dalam diskusi yang dipandu oleh Kepala Bappeda Azwan, banyak masukan,  saran,  tanggapan  dan jawaban yang disampaikan peserta musrenbang diantaranya oleh  Anggota  DPR-RI Syahrul Aidi, Anggota DPD-RI Edwin Pratama Putra, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol, Wakil ketua DPRD Kampar Fahmil, Anggota DPRD Kampar Harsono, Anggota DPRD Kampar Agus Candra, Anggota DPRD Kampar Haswinda, Kepala Dinas Kesehatan Dedi Sambudi, Kepala Dinas PUPR Afdal,  Kepala Bapenda Kampar Kholidah, Kepala Dinas Perhubungan Amin Pilda, Kepala Dinas pendidikan Pemuda Olahraga Yusri, kepala Dinas PMD Febri Tridarmawan, Camat Kampar Kiri Hulu Dasril dan peserta lainnya.  

Kepala Bappeda Kampar Azwan dan Anggota DPR RI Syahrul Aidi

Pada kesempatan itu Sekrataris Daera Yusri yang mengikuti musrenbang sejak awal sampai akhir juga memberikan  tanggapan dan saran kepada peserta  rapat. Arahan  juga  disampaikan kepada perangkat daerah dan camat, terutama terkait penyusunan dokumen perencanaan tahun 2021 dan  penanganan   Covid 19.

Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra pada kesmepatan itu menyampaikan Apresiasi kepada Pemerintah  Kabupaten Kampar khususnya Bappeda Kampar yang dengan kreatif dan inovatif dalam menyelenggarakan meeting online. “Saya gembira bisa ikut Musrenbang meskipuan ditengha Covid 19 tapi  tidak mengurangi esensi musrenbang,” ujar Edwin. 

Senada  dengan itu Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil juga menyampaikan  apresiasi terhadap Pemerintah Kampar  yang satu-satunya  di Riau bahkan di Indonesia yang telah melakukan Musrenbang secara online. “Semoga tugas-tugas kita dalam kondisi seperti ini tidak merubah substansinya,” harap Fahmil.

Pelaksanaan Musrenbang berjalan lancar dan sukses dan diakhiri dengan  penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2020, Oleh Sekda Kabupaten Kampar  Yusri, Anggota DPR RI Syahrul Aidi, Waki Ketua DPRD Kampar Repol, Asisten II Setdakab Kampar Suhermi, Asisten III Syamsul Bahri dan Staf Ahli  Bupati Kampar Santoso. (Herman Jhoni).